Tugas Kewirausahaan : Business Plan Question (Peyek Cabe)
BUSINESS PLAN
Guide Questions
EXECUTIVE SUMMARY
1. What is the nature of the project?
Dasar dari produk kami adalah untuk menciptakan inovasi baru dari olahan cabai selain abon, sambal ataupun saos yang sudah banyak dijual di pasaran. Selain itu kami juga ingin menumbuhkan dan melatih jiwa entrepreneur kami.
2. What are the entrepreneur’s competencies and qualifications?
• Knowing your business
Yaitu mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. Dengan kata lain, seorang wirausahawan harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan dilakukan.
• Knowing the basic business management
Yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasi dan mengenalikan perusahaan, termasuk dapat memperhitungkan, memprediksi, mengadministrasikan, dan membukukan kegiatan-kegiatan usaha. Mengetahui manajemen bisnis berarti memahami kiat, cara, proses dan pengelolaan semua sumberdaya perusahaan secara efektif dan efisien.
• Having the proper attitude
Yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. Dia harus bersikap seperti pedagang, industriawan, pengusaha, eksekutif yang sunggung-sungguh dan tidak setengah hati.
• Having adequate capital
Yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak hanya bentuk materi tetapi juga rohani. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha. Oleh karena itu, harus cukup waktu, cukup uang, cukup tenaga, tempat dan mental.
• Managing finances effectively
Yaitu memiliki kemampuan / mengelola keuangan, secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannnya secara tepat, dan mengendalikannya secara akurat.
• Managing time efficiently
Yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung, dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
• Managing people
Yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan / memotivasi, dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
• Statisfying customer by providing high quality product
Yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
• knowing Hozu to Compete
Yaitu mengetahui strategi / cara bersaing. Wirausaha harus dapat mengungkap kekuatan (strength), kelemahan (weaks), peluang (opportunity), dan ancaman (threat), dirinya dan pesaing. Dia harus menggunakan analisis SWOT sebaik terhadap dirinya dan terhadap pesaing.
• Copying with regulation and paper work
Yaitu membuat aturan / pedoman yang jelas tersurat, tidak tersirat.
(Triton, 2007 :137 – 139)
Untuk kualifikasi wirausaha yaitu :
• Wirausaha andal
Wirausaha andal memiliki semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan yang cukup baik untuk memulai, memiliki, dan mengelola sebuah perusahaan dengan skala tidak terlalu besar. Pengelolaan yang dilakukan oleh wirausaha andal umumnya adalah perusahaan dengan risiko tidak begitu besar dan kegiatan usahanya masih sederhana.
• Wirausaha tangguh
Wirausaha tangguh memiliki semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan yang sangat baik untuk mendirikan, memiliki, dan menangani perusahaan dengan risiko cukup besar. Pada umumnya kegiatan usaha perusahaan yang dikelola cukup kompleks.
• Wirausaha unggul
Wirausaha unggul memiliki semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan yang sangat baik untuk dapat mendirikan, memiliki, dan menangani perusahaan dengan skala besar. Perusahaan yang dikelola oleh wirausaha unggul memiliki risiko yang besar serta kegiatannya cukup kompleks.
3. What are the project’s contributions to the local and national economy?
Kontribusi dari proyek kami ini masih belum terlihat karena kami masih skala kecil. Tetapi setidaknya kami telah membantu perekonomian lokal karena kami membeli bahan seperti cabai langsung dari petani.
Section 1
MARKETING PLAN
1.1 What is the product?
Produk kami adalah peyek cabai dimana memiliki keunikan peyek yang renyah dipadukan dengan pedasnya cabai. Selain itu produk ini sangat cocok untuk menemani makanan berat seperti soto, bakso atau nasi goreng. Peyek cabai ini juga cocok disajikan saat kumpul bersama keluarga maupun menjadi teman ngemil.
1.2 How does it compare in quality and price with its competitors?
Kualitas kami sepadan dengan harganya meskipun harganya termasuk murah atau bisa dibilang terjangkau untuk membandingkan dengan pesaing agak sulit karena kami belum menemukan pesaing dengan produk sejenis dengan produk kami.
1.3 Where will be the business be located?
Lokasinya berada di Jalan Bhayangkara Wates Kulon Progo.
1.4 What geographical areas will be covered by the project?
Area atau segmentasi yang cocok bagi produk kami tidak hanya pedesaan tapi perkotaan juga cocok apalagi karakter orang Indonesia menyukai makanan yang pedas.
1.5 Within the market area, to whom will the business sell its products?
Produk ini kami jual kepada mahasiswa yang menyukai cemilan utamanya cemilan pedas selain itu produk ini kami jual ke rumah makan.
1.6 Is it possible to estimate how much of the product is currently being sold?
Estimasi penjualan produk kami kurang lebih 35 produk akan terjual dalam sekali produksi, sekali produksi yaitu 40 bungkus.
1.7 What share or percent of this market can be captured by the business?
Estimasi kami kurang lebih 50% dapat diterima di pasaran karena produk kami cukup menarik dan memiliki keunikan.
1.8 What is the selling price of the product?
Untuk kemasan plastik yang kami jual kepada mahasiswa kami hargai Rp2.000,00. Harga tersebut cukup terjangkau karena pangsa pasar kami adalah mahasiswa.
1.9 How much of the product will be sold?
Sejauh ini sebanyak 144 bungkus telah kami jual. Kami menjual dalam waktu ± 1 bulan dengan produksi seminggu dua kali.
1.10 What promotional measures will be used to sell the product?
Untuk awalan kami mempromosikan hanya lewat mulut ke mulut dan selanjutnya kami langsung menawarkan kepada konsumen.
1.11 What marketing strategy is needed to ensure that sales forecasts are achieved?
Strategi yang kami gunakan adalah konsistensi rasa dan promosi. Untuk memperkenalkan kepada konsumen kami mendatangi konsumen yang potensial untuk produk kami, dari situlah produk kami mulai dikenal dan diharapkan agar tersebar dan diketahui masyarakat umum.
1.12 How much do you need to promote and distribute your product?
Untuk mempromosikan produk ini kami tidak banyak mengeluarkan dana, kami hanya mengeluarkan dana untuk mencetak logo sehingga konsumen tahu produk kami. Selain itu untuk mempromosikan dan mendistribusikan produk ini kami membutuhkan beberapa ari untuk memperkenalkan kepada konsumen.
Section 2
PRODUCTION PLAN
2.1 What is the production process?
Untuk proses produksinya sangat sederhana. Kami membuat peyek seperti pada umumnya mulai dari pembelian bahan, pemilihan cabai, pembuatan adonan, penggorengan hingga pengemasan produk.
2.2 What buildings and machinery (fixed assets) are needed and what will be their cost?
Bangunan/ruang yang kami butuhkan adalah dapur dimana kami menggunakan dapur kos untuk melakukan proses produksi. Selain itu kami juga menggunakan peralatan memasak seperti kompor, wajan, sothil, baskom, sendok, pisau, gunting dan talenan. Untuk harga kami tidak mengeluarkan sedikitpun karena kami menggunakan peralatan yang kami bawa sendiri. Kami hanya mengeluarkan biaya pembelian satu gas lpg 3kg selama satu bulan.
2.3 What is the useful life of the building and machinery?
Untuk masa hidup dari bangunan/ruang dan mesin/peralatan tersebut kami estimasikan kurang lebih satu tahun atau mungkin bisa lebih karena setiap selesai produksi kami selalu merawat dengan cara membersihkan sehingga terjaga keawetannya.
2.4 How will maintenance be done and are spare parts available locally?
Perawatan yang dilakukan cukup mudah. Setiap selesai produksi kami selalu membersihkan baik ruang dapur maupun peralatannya sehingga lebih awet. Untuk peralatan dapur tersedia sekitar lingkungan kami baik di pasar maupun di toko peralatan memasak.
2.5 When and where can the machinery be obtained?
Peralatan tersebut kami peroleh/bawa pada awal kami memproduksi. Kami membawa pada minggu ke-2 bulan November karena kami mulai menjual produk kami pada minggu ke-3 bulan November.
Kami membawa sendiri peralatan kami tapi peralatan kami dapat diperoleh di pasar maupun toko khususnya yang menjual peralatan memasak.
2.6 How much capacity will be used?
Untuk kapasitas peralatan yang digunakan yaitu seluruhnya selama proses produksi seperti baskom ukuran sedang kami gunakan seluruhnya. Semua peralatan tersebut kami gunakan full selama proses produksi.
2.7 What are the plans for using spare capacity?
Karena kami menggunakan seluruhnya maka sejauh ini kami belum ada rencana.
2.8 When and how will the machinery be paid for?
Karena kami membawa sendiri peralatan kami maka kami tidak perlu membayar peralatan tersebut, kami hanya mengeluarkan biaya perawatan seperti membeli sabun pembersih untuk membersihkan peralatan tersebut setelah selesai digunakan.
2.9 Where will the factory be located and how will the factory be arranged?
Kami memproduksi di dapur kos.
2.10 How much raw materials are required?
Untuk sekali produksi kami membutuhkan ¼ kg cabai kering, ½ kg tepung terigu, ½ kg minyak goreng, 1 ons bawang putih, kemiri 1 bungkus, merica 1 bungkus, daun jeruk 20 lembar dan garam secukupnya.
2.11 How much will the raw materials cost?
Untuk bahan mentah kami mengeluarkan biaya sebanyak Rp26.000,00
2.12 What are the sources of raw materials? Are they available throughout the year?
Bahan mentah yang kita gunakan yaitu tepung beras, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya, dan bahan yang kita gunakan tersedian setiap tahunnya dengan kata lain bahan yang digunakan mudah diperoleh.
2.13 How many direct and indirect labour are needed and what skills should they
have?
(Berapa banyak tenaga kerja langsung dan tidak langsung yang dibutuhkan dana pa keahlian yang harus mereka miliki?)
Kita membutuhkan minimal 3 orang yang bekerja, dan keahlian yang harus mereka miliki yaitu keahlian memasak dan mengolah bahan hingga menjadi produk yang siap dijual, selain itu keahlian marketing atau pemasaran juga sangat di perlukan, untuk menunjang meningkatnya penjualan produk
2.14 What will be the cost of labour?
Kami membagi hasil keuntungan untuk masing-masing anggota jadi sistem pembayaran gajinya di akhir penjualan apabila produk sudah terjual.
2.15 Are workers available throughout the year? If not, what effect will this have on
production?
Iya tersedia, jika tidak produksi barang akan terganggu dan berdampak pada menurunnya kuantitas produk yang di hasilkan, karena produk kami adalah produk yang dihasilkan secara manual dan tidak dapat digantikan oleh mesin.
2.16 How will the workers be motivated?
Kami menanamkan pemikiran bahwa kita bekerja untuk mendapatkan nilai kwu, menambah pengalaman berdagang, memperoleh pemasukan tambahan, dan menambah ilmu.
2.17 What factory overhead expenses are involved?
Biaya tambahan yaitu untuk membeli gas.
2.18 What is the production cost per unit?
Kami menjual produk kami dengan harga Rp2000,00 per bungkusnya.
Section 3
ORGANIZATION AND MANAGEMENT PLAN
3.1 How will the business be organized?
Kami mengaturnya sesuang dengan jadwal yang kami miliki, kami mengusahaan menyediakan waktu luang untuk mengelola dan mengatur bisnis.
3.2 How will the business be managed and operated?
Kami mengatur sesuai dengan jadwal kami dan kami mengoperasikannya saat kami di tempat kuliah seperti kami menawarkan saat jam istirahat hal tersebut cukup efektif untuk menjual produk kami di kalangan mahasiswa.
3.3 What is the business experience and qualifications of the entrepreneur?
Kami memperoleh pengalaman yaitu bagaimana cara mengatur dan enjalankan bisnis, khususnya memanagemen waktu dan disiplin diri, selain itu kita jadi memiliki pengalaman bagaimana cara menarik konsumen agar membeli produk kita,
3.4 What pre-operating activities must be undertaken before the business can operate?
1. Melakukan promosi
2. Sumber modal
3. Pembelian peralatan
4. Pembelian barang
5. Pendataan perlengkapan
3.5 What pre-operating expenses will be incurred?
Biaya pra-operasi akan kami keluarkan, sebab untuk pembelian bahan produk selanjutnya (terus memutar).
3.6 What fixed assets will be required for the office?
Tidak, karena aset berwujud yang dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa tidak untuk direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif; dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode.
3.7 What administrative cost will be incurred?
Usaha kami tidak menggunakan biaya administrasi karena usaha kami masih dalam skala kecil dan masih pada tahap pemula.
Section 4
FINANCIAL PLAN
4.1 What is the total capital requirement?
Perhitungan Neraca Laba-Rugi, neraca saldo, neraca laporan keuangan.
4.2 Is a loan needed? What will be the equity contribution of the entrepreneur? And how much?
Yang dibutuhkan diusaha kami adalah sumber modal.
Jika usaha kami akan berlanjut dan besar kami akan meminjam ke bank.
Sekitar Rp1.000.000. meminjam dari Bank.
4.3 What security (collateral) can be given to the bank?
Jaminan atau agunan adalah aset pihak peminjam yang dijanjikan kepada pemberi pinjaman jika peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut.
Kemanan dapat kami berikan kepada Bank.
4.4 What does the Profit and Loss Statement indicate?
Perhitungan laba rugi dapat ditunjukkan pada akhir periode.
4.5 What does the Cash Flow Statement indicate?
Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang berisi informasi aliran kas masuk dan aliran kas keluar dari suatu perusahaan selama periode tertentu.
Di usaha kami tidak menunjukkan adannya laporan arus kas.
4.6 What does the Balance Sheet indicate?
NERACA adalah suatu bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi dimana menunjukkan posisi atas keuangan perusahaan atau entitas bisnis tersebut pada akhir periode akuntansi tersebut yang bisa menjadi dasar dalam menghasilkan keputusan bisnis.
Di laporan usaha kami menunjukan adanya neraca tiap periode.
4.7 What is the loan repayment schedule?
Telah diketahui bahwa usaha kami akan dilanjutkan, kami akan meminjam dari Bank, jadi itu semua tergantung pada usaha kami. Jika kami meminjam maka kami akan ada jadwal pembayaran pinjaman.
4.8 What is the break-even point (BEP)?
Dalam ilmu ekonomi, terutama akuntansi biaya, titik impas (break even point) adalah sebuah titik dimana biaya atau pengeluaran dan pendapatan adalah seimbang sehingga tidak terdapat kerugian atau keuntungan.
Jika pendapatan usaha kita tidak seimbang dengan pengeluaran maka kami akan mengalami kerugian.
4.9 What is the return of investment (ROI)?
Dalam suatu usaha tentunya kita harus cermat dan jeli dalam melihat peluang usaha mana yang lebih menjanjikan dan menguntungkan atas uang yang akan kita tanamkan. Juga kita harus bisa menghitung apakah suatu usaha yang kita jalankan tersebut akan memberikan keuntungan seperti yang kita harapkan. Untuk itu perlu bagi kita untuk mengetahui tingkat keuntungan atas investasi yang telah kita lakukan dalam suatu usaha. Pun hal ini berlaku bagi investor sebelum melakukan investasi atas dana yang mereka miliki, perlu untuk mempertimbangkan tingkat ROI yang ditawarkan oleh rekan bisnis kita. Apa itu ROI?
ROI (singkatan bahasa Inggris : return on investment) atau ROR (singkatan bahasa Inggris: rate of return) – dalam bahasa Indonesia disebut laba atas investasi – adalah rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang diinvestasikan.
4.10 Is the project feasible?
Proyek dalam bisnis dan ilmu pengetahuan biasanya didefinisikan sebagai sebuah usaha kolaboratif dan juga seringkali melibatkan penelitian atau desain, yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.
Proyek kami ini sangat layak. Karena proyek kami memiliki keistimewaan tersendiri.
Semoga bermanfaat :) ini jawabnya memang pakai Bahasa Indonesia
Langganan:
Postingan (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar